Sabtu, 04 April 2020

Tips dan Trik Mendaki Gunung Bagi Pemula

word
Akhir-akhir ini kegiatan mendaki gunung tidak hanya dilakukan oleh para pencinta alam, melainkan kegiatan favorit ini dilakukan di kalangan muda mudi yang umumnya terdiri dari pelajar hingga mahasiswa. Bagi para pecinta alam, objek seperti gunung, hutan, gurun, bahkan laut akan menjadi hal yang sangat menarik untuk dijelajahi. khususnya gunung, banyak diantara mereka yang sudah berpengalaman dalam mendaki gunung. Tetapi kebanyakan dari mereka yang masih pemula dalam urusan mendaki gunung memiliki motivasi lebih untuk mendaki. Tetapi mendaki gunung agar bisa sampai puncak itu bukan perkara yang mudah. Akhir-akhir ini kegiatan mendaki gunung tidak hanya dilakukan oleh para pencinta alam, melainkan kegiatan favorit ini dilakukan di kalangan muda mudi yang umumnya terdiri dari pelajar hingga mahasiswa. Bagi para pecinta alam, objek seperti gunung, hutan, gurun, bahkan laut akan menjadi hal yang sangat menarik untuk dijelajahi. khususnya gunung, banyak diantara mereka yang sudah berpengalaman dalam mendaki gunung. Tetapi kebanyakan dari mereka yang masih pemula dalam urusan mendaki gunung memiliki motivasi lebih untuk mendaki. Tetapi mendaki gunung agar bisa sampai puncak itu bukan perkara yang mudah. 

gunung semeru, 3676 mdpl (travel.tempo.co)

Dari pengalaman saya beberapa kali mendaki gunung, banyak pendaki yang menyerah sebelum sampai di puncak karena kurangnya persiapan. Ada juga pendaki gunung yang seringkali berhenti di tengah perjalanan karena kelelahan atau kehabisan logistik/bekal makanan sehingga mengurungkan niatnya untuk sampai ke puncak. Mereka biasanya memilih memasang tenda di lokasi yang bisa dicapai itu atau bahkan memutuskan turun gunung. Membawa beban terlalu berat dan tidak mempersiapkan kondisi tubuh dengan baik dapat pula menjadi salah satu faktor yang mengganggu aktivitas pendakian.

Berikut beberapa tips dan trik yang dapat saya bagikan untuk para pendaki gunung:

     1. Mengecek Lokasi Pendakian

Sebelum melakukan pendakian, ada baiknya kita mengetahui bagaimana situasi dan kondisi di gunung tersebut. Seperti mengetahui jalur pendakian yang ingin dilalui atau gunung tersebut layak di daki atau tidak.

    2. Lakukan Olahraga Sebelum Pendakian

Melakukan olahraga seperti jogging akan sangat membantu dalam melakukan pendakian. Karena pendakian membutuhkan fisik dan mental yang bugar.

     3. Membawa Barang Sesuai Dengan Kebutuhan

Membawa barang yang berlebihan akan sangat menghambat pendakian. Dalam mendaki gunung, bawalah barang-barang sesuai kebutuhan dan pilihlah dengan bijak apa saja yang akan dibawa.

     4. Perhatikan Konsumsi Selama Pendakian

Konsumsi merupakan hal penting yang harus diperhatikan ketika mendaki. Bawalah makanan yang kamu butuhkan selama di alam bebas. Jika kalian kehabisan konsumsi, maka kalian akan kesulitan dalam pendakian.

     5. Jangan Malu Meminta Berhenti Ketika Lelah

Sebagai pendaki pemula pastinya kemampuan dalam mendaki tidak seperti mereka yang sudah terbiasa, maka kamu tidak perlu malu berkata lelah dan minta untuk berhenti sejenak. Daripada di paksakan malah tidak baik.

     6. Jagalah Kebersihan Gunung

Jika kita ingin melihat alam kita tetap indah, janganlah buang sampah sembarangan di gunung. Bawalah kembali turun sampahmu dan buanglah ditempat yang sudah disediakan.

     7. Ikuti Arahan dan Peraturan Setempat

Sebelum mendaki, pastinya kita medaftarkan diri kita terlebih dahulu ke petugas setempat. Petugas akan memberikan arahan apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Maka patuhilah peraturan yang mereka berikan demi keselamatan kita.

Mungkin itu beberapa tips dan trik mendaki gunung bagi pemula yang dapat saya berikan. Selamat mendaki, berdoa agar selamat sampai tujuan. Semoga bermanfaat.








0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More