Sabtu, 18 April 2020

Seven Summit Indonesia, Puncak Para Penjelajah

Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai banyak gunung yang bisa didaki. Dari sekian banyak gunung yang ada, pasti ada satu gunung tertinggi di setiap pulau. Gunung-gunung tertinggi di setiap pulau Indonesia itu termasuk ke dalam Seven Summit Indonesia. Berikut daftar Seven Summit yang ada di Indonesia.

1.      Cartenz Pyramid, Pegunungan Jaya Wijaya, Papua
Cartenz-Papua-Indonesia (www.pesonaindo.com)
Carstensz Pyramid atau disebut juga puncak jaya berada di Timika, Papua. Ketinggiannya mencapai 4.884 mdpl, kawasan disekitar gunung ini begitu istimewa karena kita dapat menemukan salju di negara kita yang beriklim tropis. Puncak Jaya ditemukan oleh orang Belanda bernama Jan Carstenszoon pada tahun 1623. Saat ditemukan, puncak gunung itu dinamai Carstenz Pyramid, karena di sekitarnya ada gletser (bongkahan es).



2.      Puncak Indrapura, Gunung Kerinci, Sumatera
Gunung-Kerinci (tabloidwisata.com)
Puncak Indrapura adalah puncak dari Gunung Kerinci. Terletak di Provinsi Jambi yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat. Puncak Indrapura berada pada ketinggian 3.805 mdpl. Dari puncak kita akan dapat menikmati pemandangan indah kota Jambi, Padang hingga Bengkulu. Gunung ini berada di wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat yang menjadi tempat tinggal Harimau Sumatera dan Badak Sumatera.

3.      Puncak Rinjani, Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat
Gunung Rinjani (kumparan.com)

Gunung Rinjani berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan puncaknya berada di ketinggian 3.726 mdpl dan merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci.
4.      Puncak Mahameru, Gunung Semeru, Jawa
Gunung Semeru (travel.tempo.co)

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa dengan puncaknya bernama Mahameru mempunyai ketinggian 3.676 mdpl dan berada di Jawa Timur. Cligent dan Winny Brigita adalah ahli geologi berkebangsaan Belanda. Pada tahun 1838, mereka berhasil mendaki gunung ini dan menjadi orang pertama yang mendaki Gunung Semeru.


5.      Puncak Rantemario, Gunung Latimojong, Sulawesi
Gunung Latimojong (phinemo.com)



Rantemario adalah sebutan untuk Puncak Gunung Latimojong di Sulawesi Selatan. Gunung setinggi 3.478 mdpl ini dikeliling oleh empat kabupaten. Di bagian barat gunung ada Kabupaten Enrekang, di bagian utara gunung ada Kabupaten Tana Toraja, di bagian selatan gunung ada Kabupaten Sidenreng Rappang, dan di timur gunung ada Kabupaten Luwu.


6.      Puncak Binaiya, Gunung Binaiya, Kepulauan Maluku
Gunung Binaiya (www.superadventure.co.id)

Di Pulau Seram, Maluku ada Gunung Binaiya yang puncaknya mencapai 3.027 mdpl. Gunung ini masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Manusela. Di taman nasional ini, hidup 117 spesies burung. Dari semua itu, 14 spesiesnya adalah spesies endemik Maluku. Pendaki yang ingin mendaki Gunung Binaiya harus melakukan upacara adat saat berada di Desa Kanikeh.

7.      Puncak Bukit Raya, Gunung Bukit Raya, Kalimantan
Bukit-Raya-Kalimantan (backpackerjakarta.com)






 Daftar Pustaka:
1.      bobo.grid.id
2.      travelingyuk.com
3.      idntimes.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More