Rabu, 15 April 2020

Perlengkapan Mendaki Gunung yang Wajib Dimiliki Oleh Pemula

Apakah sudah lengkap perlengkapan mendaki gunung kamu ketika ingin muncak? Jangan sampai perlengkapan mendaki gunungmu tertinggal di rumah atau malah memang belum ada di dalam daftar barang bawaanmu. Bisa repot dan mengganggu kenyamanan pendaki lain nanti. Aktivitas mendaki gunung kini ramai diminati, khususnya bagi anak muda yang senang akan alam terbuka. Namun bila kamu termasuk pemula, sebaiknya caritahu dulu mengenai alat-alat naik gunung untuk menunjang aktivitasmu hingga mencapai puncak gunung. Kegiatan mendaki gunung memang di bilang susah-susah gampang sih. Bagimereka yang sudah terbiasa mungkin bisa dibilang gampang karena memang sudah terbiasa dan sering untuk mempersiapkan perlengkapan mendaki gunung. Akan tetapi bagi mereka yang bisa dibilang masih pemula atau jarang melakukan pendakian,  kegiatan mempersiapkan perlengkapan mendaki gunung ini bisa dibilang agak sulit karena belum terbiasa. Tetapi tenang saja, saya akan membahasnya disini untuk membantu kamu mempersiapkan perlengkapan mendaki gunung apa sajakah yang harus dibawa ketika ingin melakukan pendakian.

1.      Tas Gunung / Carrier

carrier (guratankaki.com)
Carrier atau tas gunung adalah peralatan paling utama yang dibutuhkan untuk mendaki. Tas khusus untuk mendaki gunung ini jelas berbeda dengan tas pada umumnya, karena sudah di desain sesuai dengan bentuk badan manusia, khususnya bagian punggung, sehingga jika membawa beban yang banyak dan berat selama berjam-jam punggung tak akan sakit.

2.      Jaket Gunung

jaket gunung (www.idntimes.com)
Biar semakain terasa hangat ketika mendaki, sebaiknya kamu tidak melupakan alat-alat naik gunung yang satu ini. Jaket sangat diperlukan saat suhu udara di kawasan gunung tiba-tiba saja mengalami penurunan. Selain hangat, jaket pun bisa kamu gunakan untuk melindungi tubuh dari sengatan sinar matahari saat mendaki.

3.      Sleeping Bag

sleeping bag (phinemo.com)
Selain tas gunung, sleeping bag pun perlu kamu bawa ketika mendaki. Pasalnya, alat-alat naik gunung yang satu ini digunakan untuk tidur dan menghindari pendaki dari serangan hipotermia. Rata-rata sleeping bag yang dijual hanya diperuntukkan untuk satu orang saja. Melebihi dari itu sangat tidak dianjurkan.

4.      Sepatu dan Sandal Gunung

sepatu gunung (beritagar.id)
Sepatu atau sandal gunung sudah dibuat khusus untuk melewati segala jalur yang ada di gunung, mulai dari sungai, bebatuan, lumpur, hingga tanah. Tentunya sepatu gunung lebih aman dipakai ketika mendaki, karena akan menjaga hingga pergelangan kaki.

5.      Jas Hujan
jas hujan gunung (www.batamnews.co.id)
Perubahan cuaca yang terjadi saat tiba-tiba, membuat para pendaki wajib memasukkan jas hujan sebagai alat-alat naik gunung. Apabila kamu tidak memilikinya, besar kemungkinan keinginanmu untuk mendaki hingga puncak gunung tidak akan terealisasikan.

6.      Tenda

tenda (phinemo.com)
Domeatau yang biasa disebut tenda menjadi peralatan penting yang wajib untukdibawa. Di tenda inilah pendaki akan terlelap untuk melepas lelah, menaruh barang hingga sebagai tempat untuk berganti pakaian.

7.      Senter atau Headlamp

headlamp (www.unbox.id)
Untuk memberikan pencahayaan di malam hari, jangan hanya mengandalkan senter dari handphone karena cahayanya yang tak begitu kuat. Sebaiknya, gunakan senter atau headlamp untuk membantu memberikan pencahayaan yang maksimal. Kamu juga perlu membawa baterai cadangan kalau sewaktu-waktu senter atau headlamp kehabisan baterai.

8.      Peralatan Medis

peralatan medis (backpackerjakarta.com)
Perubahan cuaca yang terjadi secara tiba-tiba saat mendaki, kemungkinan bisa mempengaruhi tubuhmu. Oleh sebab itu, bila tubuh sudah terasa tidak enak,  segeralah ambil peralatan medis dan konsumsi obat-obat antibiotik. Memaksakan tubuh yang kurang prima saat mendaki gunung, justru berisiko mendatangkan berbagai penyakit yang dapat merenggut nyawa, salah satunya hipotermia.

Itulah perlengkapan mendaki gunung yang wajib dimiliki oleh pemula. Selamat mendaki, berdoa agar selamat sampai tujuan. Semoga bermanfaat.




Daftar Pustaka:

·         kumparan.com

·         maioloo.com

·         cekaja.com

·         review.bukalapak.com



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More