Senin, 20 April 2020

Dampak Positif Covid-19 Terhadap Dunia


Akhir-akhir ini pandemi Covid-19 semakin memberikan hantaman keras terhadap ekonomi dunia. Namun, dibalik hantaman keras tersebut terdapat dampak yang sangat positif bagi lingkungan. Ini merupakan kabar baik di tengah kabar buruk terkait semakin luasnya penyebaran virus corona di dunia. Sebab, belakangan ini Covid-19 menunjukkan pengaruh positif dan salah satunya terhadap polusi udara secara global.
Sekitar 4 miliar orang, separuh dari populasi dunia, mengisolasi diri untuk memutus penularan virus corona. Aktivitas manusia pun berkurang drastis dan memberikan dampak yang signifikan terhadap perubahan lingkuhan. Dikutip dari antavaya.com berikut beberapa pengaruh positif di dunia akibat adanya pandemi Covid-19

1.      Polusi Udara di China Berkurang Drastis
warga-bermasker-berjalan-di-pusat-kota-wuhan-provinsi-hubei (nasional.republika.co.id)
China adalah negara pertama yang menerapkan kebijakan lockdown di Provinsi Hubei pada tanggal 23 Januari 2020 untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Tapi siapa sangka, hal ini justru memberikan dampak positif pada lingkungan. Berdasarkan citra satelit NASA, jumlah polusi udara di langit China telah berkurang drastis. Ini merupakan kabar baik untuk dunia, karena China selama ini tercatat sebagai salah satu negara dengan tingkat pencemaran udara tertinggi.

2.      Efek Positif Pada Polusi Udara di Hong Kong
hongkong-polusi-udara (tribunnews.com)
Hong Kong juga salah satu negara yang mengalami perubahan positif pada lingkungan karena Corona. Kebijakan Lockdown membuat polusi udara di Hong Kong turun sampai sepertiganya, terhitung sejak Januari-Februari.

3.      Lapisan Ozon Mulai Pulih
lubang-lapisan-ozon-di-bumi-pulih (techno.okezone.com)
Kebijakan lockdown ternyata memberikan banyak dampak yang positif untuk dunia. Semua ini terlihat pada lapisan ozon di atas Antartika yang terlihat pulih. Hal ini membuat perubahan aliran udara di bumi menjadi lebih baik. Pemulihan ozon tersebut berpengaruh pada perubahan suhu atmosfer dan curah hujan, serta mempengaruhi perubahan suhu laut dan konsentrasi garam.

4.      Udara di Italia Menjadi Lebih Bersih
virus-corona-di-italia (jogja.suara.com)
Italia adalah negara dengan jumlah kasus corona terbesar kedua di dunia. Sama seperti China dan Hong Kong, Italia juga memberlakukan sistem lockdown yang memberikan dampak positif untuk lingkungan. Udara di Italia menjadi lebih bersih.

5.      Kanal-kanal di Venesia Kembali Jernih
venice-clean-canals-coronavirus (mymodernmet.com)
Kebijakan lockdown di Italia yang berlangsung sejak 9 Maret hingga sekarang membuat penduduk tidak bisa beraktivitas seperti biasa. Namun aturan tersebut ternyata berdampak baik bagi kota Venesia. Jumlah gondola yang lalu-lalang di kota ini berkurang drastic sehingga endapan lumpur yang membuat air terlihat kotor turun ke dasar sungai. Hal ini membuat kanal-kanal di Venesia menjadi lebih jernih. Bahkan, ikan dan angsa kembali terlihat di sekitar kanal Venesia.






Daftar Pustaka:
·                  antavaya.com
·                 detik.com
·                 kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More